Mahasiswa UB Harus Tau SIAM sub Akademik (KRS,KHS,Jadwal Kuliah,Jadwal Ujian,RHS)



Jika kamu membuka tulisan ini pastinya kamu adalah Mahasiswa baru Universitas Brawijaya atau calon Mahasiswa Univesitas Brawijaya (UB) yang sedang kepo atau bahkan bingung dengan sistem yang ada di Kampus Biru ini.

Di UB itu ya ada yang namanya Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya ( SIAM UB ), atau para mahasiswa lebih akrab dengan memanggilnya SIAM saja. Disana terdapat berbagai informasi yang sangat super duper membantu disaat kamu menjalani masa perkuliahan. Mulai dari rebutan mata kuliah yang ingin diambil, sampai dag dig dug menunggu nilai hasil satu semseter itu semua ada di SIAM. SIAM UB merupakan sejenis situs di Internet untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses berbagai hal yang terkait dengan dunia perkuliahan.



Jika kita membuka halaman awal dari SIAM UB yaitu siam.ub.ac.id , kita akan disuguhkan dengan dua kolom yang harus diisi dengan NIM dan Password. Setelah kamu isi dan bisa login maka akan otomatis muncul halaman akademik yang ada foto kamu tuh. SIAM UB ini terbagi menjadi 5 bagian sub judul yaitu akademik, registrasi, biodata, aplikasi dan kemahasiswaan. Kali ini kita akan membahas yang bagian akademik karena bagian inilah yang paling sering digunakan mahasiswa.

Oke dibagian kanan terdapat bebarapa poin yaitu Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, Jadwal Kuliah, Jadwal Ujian, Absensi dan Rekap Hasil Studi. Kita akan bahas satu per satu...

1. Kartu Rencana Studi
Disini adalah tempat kamu untuk merancang atau memilih mata kuliah apa saja yang akan kamu ambil satu semester kedepan. Pada saat semester pertama biasanya KRS ini sudah terisi otomatis dengan mata kuliah yang ditentukan fakultas jadi kamu nggak perlu pusing. Tetapi waktu kamu sudah menginjak semester dua maka kamu harus mulai untuk mengisi lembar KRS ini. Jadwal pengisian KRS akan diumumkan oleh pihak fakultas, dan tanda apabila KRS sudah bisa diisi adalah “ICON TAMBAH MATA KULIAH” sudah bisa di klik.


Pengisian lembar KRS ini biasa disebuut dengan “KRSan” oleh para mahasiswa, dan ketika KRSan ini terjadilah Perang KRS. Di UB suatu mata kuliah diperebutkan oleh berbagai angakatan mahasiwa, jadi mahasiwa semseter 3 dan semester 5 bisa saja satu kelas. karena satu kelas itu diperebutkan , ada saja mahasiswa tidak mendapatkan kelas yang diinginkan saat KRSan, jadi di harus mengurus ke ruang bagian akademik di fakultas agar mendapat kelas tersebut. Penulis sendiri pernah menunggu sampai jam 12 malam agar bisa medapatkan kelas yang penulis inginkan. Jadi semangat ya gaes . Mungkin untuk bagaimana cara mengisi KRS akan dibahas di postingan tersendiri, atau kamu bisa request dengan komen dibawah jika kamu memang butuh banget.

 2. Kartu Hasil Studi
Jika KRS adalah tempat kamu memilih mata kuliah, maka KHS adalah tempat dimana kamu bisa melihat nilai dari tiap-tiap mata kuliah yang kamu tempuh selama satu semseter.  Di laman KHS kamu akan melihat nama mata kuliah dan Nilainya, jika nilai masih dalam huruf “K” itu berarti dosen belum input nilainya atau tidak ada nilainya. Untuk mengetahui unsur-unsur dari nilaimu itu kamu bisa klik tampilkan yang ada di sebelah kanan nilai, disana akan terlihat nilai Tugas 1, Tugas 2, UTS dan UAS. di bagian bawah kamu juga bisa melihat IP di satu semseter mapaun IP Kumulatif (IP gabungan dari semua semseter yang pernah kamu tempuh).


Jadi dengan memantau ini kamu bisa merencanakan bagaimana kamu belajar, seperti jika kamu UTS nya jelek maka kamu harus memaksimalkan UAS karena UAS memiliki presentase tertinggi dalam nilai. KRS dan KHS sebelum perkuliahan biasanya harus di print tiga lembar dan ditandatangani dosen Penasehat Akademik (dosen PA), 1 lembar KRS dan KHS diberikan dosen PA, 1 lembar lagi diberikan akdemik, 1 lembar lagi kamu bawa deh jaga-jaga kalo ada apa gitu.

3. Jadwal Ujian
Sebenarnya Jadwal Ujian ini tidak berfungsi sebagaimana fungsinya kalau di fakultas penulis (Fakultas Hukum), atau penulis yang kurang memperhatikan. Pokonya gini, jadi jadwal ujian yang ada di SIAM itu tidak cocok dengan jadwal yang dikeluarkan oleh fakultas baik itu UTS maupun UAS.


Penulis lebih menggunakan laman jadwal ujian ini untuk “Melihat Absen dan  melihat Nama temen sekelas” caranya dengan klik tampilkan di kolom peserta kelas, disana akan terlihat kamu sekelas dengan siapa saja dan akan terlihat absen mu, karena absen tiap kelas bisa berbeda-beda dan saat ujian kamu harus memasukan nomor absen untuk tiap mata kuliah yang diujikan tentu laman Jadwal Ujian ini sangat bermanfaat.

4. Absensi

Laman absensi berguna untuk melihat berapa jumlah kehadiranmu atau ketidak hadiranmu yang disebabkan ijin, sakit ataupun alpha (tanpa alasan). Disebelah kanan sendiri terlihat kolom presentase, agar kamu bisa mengikuti UAS di suatu mata kuliah, presentase kamu minimal harus 80%  dari mata kuliah tersebut. Namun presentase penulis pernah dibawah 80% di mata kuliah 2 sks tapi penulis masih bisa mengikuti UAS, karena setelah penulis baca di peraturan fakultas terdapat aturan yang menyebutkan bahwa masih bisa mengikuti UAS untuk mata kuliah 2 sks dengan maksimal adalah alpha 3 kali. Selengkapnya aturan ini bisa dilihat di pedoman akademik fakultas (jika penulis tidak salah ingat), penulis juga tidak mengetahui apakah aturan ini berlaku untuk fakultas hukum ub saja atau untuk fakultas lainya juga demikian, bisa di cek di pedoman akademik fakultas masing-masing.

5. Rekap Hasil Studi

RHS ini berisi rangkuman semuan mata kuliah yang pernah kamu ambil beserta nilainya, hingga saat ini, inilah laman yang paling jarang penulis buka. Laman ini penulis pikir berguna ketika kamu memilih konsentrasi yang mensyaratkan nilai minimal mata kuliah tertentu untuk memilih konsentrasi tersebut, jadi bisa langsung ketahuan mata kuliah mana saja yang kurang.

Okey, segitu dulu ya yang penulis dapat bagikan kali ini, jika ada yang ditanyakan atau request untuk bahas ssuatu bisa di ditulis di kolom komentar, InsyaAllah penulis akan tanggapi. Thankyou gaes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord Fiersa Besari - Celengan Rindu Versi Jawa